#161216_TM6_Air_Cargo_Services
OVERVIEW OF THE AIR CARGO INDUSTRY
Abad ke-21 yang dijuluki sebagai abad jasa kargo udara.
Partisipasi dalam forum kargo udara (ACF) 2000 mencerminkan signifikansi
industri yang berkembang di perdagangan dunia dan ekonomi global (Sowinski
2000). Menurut ruang internasional commerece (1998), sedangkan dalam hal berat
suatu barang, hanya 2 persen dari semua kargo bergerak melalui udara di seluruh
dunia, diperkirakan bahwa transportasi angkutan sekarang menyumbang lebih dari
sepertiga dari nilai perdagangan dunia di barang dagangan, yaitu 40 persen
tepatnya (lennane, 2000).
Siapa yang menjadi
integrator? menurut Hamoen (1997), secara internasional, ada empat integrator
utama yang dikenal sebagai "Empat Besar", yaitu FedEx, UPS, TNT
Express Worldwide, dan DHL Worldwide Express. Mereka menawarkan layanan
intermoda all-in-one door-to-door yang melibatkan pick up, transportasi,
broker, dan pengiriman kargo ekspres termasuk muatan yang lebih berat (layanan yang diperkenalkan dalam
beberapa tahun terakhir).
Definition of Air Cargo (Definisi Kargo Udara)
Kargo udara adalah segala jenis barang yang akan dikirim atau diangkut dengan menggunakan pesawat terbang yang telah dilengkapi dengan dokumen pengiriman barang (Air Waybill).
Kargo udara secara umum terdiri dari angkutan umum, berat, dan khusus, kita dapat mengiriman dokumen, paket, barang, dan surat melalui kargo udara.
Characteristic of Air Cargo (Karakteristik Kargo Udara)
Karakteristik kargo udara adalah sesuai dengan bentuk, ukuran, kepadatan, dan berat barang yang dikirimkan. Ketidakseimbangan arus kargo udara juga termasuk karakteristik yang harus diperhatikan.
Development of Air Cargo (Pertumbuhan Kargo Udara)
Dua faktor yang mempengaruhi pertumbuhan kargo utama, yaitu :
1. Pengembangan pasar berkaitan dengan global, dan khususnya pertumbuhan produk domestik regional bruto (PDB).
2. Kemajuan teknis dan teknologi dan pengembangan yang sangat dipengaruhi desain pesawat kargo dan kegiatan ground handling (tata operasi darat) yang efisien.
Ground Handling atau Tata Operasi Darat disini menjelaskan keterkaitan pelayanan perusahaan penerbangan (airlines) terhadap penumpang dan barang / bagasi pada saat keberangkatan (Departure) dan kedatangan (Arrival).
AIR CARGO SERVICE : JARINGAN
Ada tiga jenis jaringan di Air Cargo Services, yaitu Linier
Network, Grid Network dan hub-and-spoke (Hamoen,1997).
1. Linier Network
Menurut Holloway (1998), Jaringan linier tidak hanya
operator lalu lintas Origin Destination non-stop rute. Tetapi juga melalui
Local Origin dan Destination Traffic pada bebrapa stop rute.
2. Jaringan Grid
Jaringan Grid dapat ditandai dengan penerbangan jarak yang
pendek dan menengah di pasar terutama dalam negri.
3. Hub And Spoke Network
Ada dua jenis utama dari Hub-And-Spoke Network menurut
Hanlon (1996), yaitu Hourglass dan Hinterland. Melalui Hub Hourglass,
penerbangan datang dari satu wilayah yang dikonsolidasikan pada Hub dan
Diversified dalam arah yang berlawanan. Sedangkan Hub Hinterland menggunakan
jari jari dan penerbangan jarak pendek dan untuk Feed The Hub dan
mengkonsolidasikan untuk Long Haul Routes (Rute Jarak Jauh).
JaringanHub-And-Spoke memainkan peran penting dalam
transportasi Air Cargo saat ini. FEDEX, salah satu integrator utama, yang
terutama memberikan pengiriman ekspres, adalahpelopor dalam pengembangan
jaringan ini (Hamoen,1997).
Menurut Holloway (1998), Tujuan utama dari jaringan ini
adalah waktu yang tepat dari bank untuk penerbangan yang datang, untuk
menawarkan transfer seterusnya tanpa cela bank penerbangan berangkat, ke
maximies jumlah koneksi dicapai untuk kargo udara yang masuk, dan untuk menjaga
pada saat yang sama menghubungkan kargo paling tidak karena barang tidak selalu
berasal dari penumpang berorientasi bandara tradisional (Hamoen, 1997).
Air Cargo Faciities (Fasilitas Kargo Udara)
Operator-operator kargo udara utama memilik empat masalah utama ketika memutuskan di mana untuk mencari fasilitas mereka dan dimana untuk mendaratkan pesawat mereka.
• Permintaan keseluruhan untuk layanan mereka di wilayah yang dilayani oleh bandara.
• Lokasi dan aksesibilitas dari situs bandara
• Kondisi dan fasilitas bandara itu sendiri
• Ekspansi Masa Depan bisnis mereka di wilayah tersebut.
Air Cargo Services and Emerging Issues
berikut ini adalah beberapa isu yang muncul penting yang berkaitan dengan layanan kargo udara :
-Kargo udara melayani kepentingan ekonomi yang lebih luas dan sekarang meliputi area layanan baru.
-Globalisasi dari proses manufaktur telah membuka batas baru.
-Jasa kargo udara yang digunakan untuk menjadi oleh-produk dengan kargo mengisi kapasitas penumpang yang tidak terpakai dari pesawat.
-Transportasi udara semakin menjadi hanya salah satu dari banyak elemen di intermodal rantai transportasi kargo secara keseluruhan.
-Titik fokus telah pindah dari mode transportasi ke barang itu sendiri.
Air Cargo Faciities (Fasilitas Kargo Udara)
Operator-operator kargo udara utama memilik empat masalah utama ketika memutuskan di mana untuk mencari fasilitas mereka dan dimana untuk mendaratkan pesawat mereka.
• Permintaan keseluruhan untuk layanan mereka di wilayah yang dilayani oleh bandara.
• Lokasi dan aksesibilitas dari situs bandara
• Kondisi dan fasilitas bandara itu sendiri
• Ekspansi Masa Depan bisnis mereka di wilayah tersebut.
Air Cargo Services and Emerging Issues
berikut ini adalah beberapa isu yang muncul penting yang berkaitan dengan layanan kargo udara :
-Kargo udara melayani kepentingan ekonomi yang lebih luas dan sekarang meliputi area layanan baru.
-Globalisasi dari proses manufaktur telah membuka batas baru.
-Jasa kargo udara yang digunakan untuk menjadi oleh-produk dengan kargo mengisi kapasitas penumpang yang tidak terpakai dari pesawat.
-Transportasi udara semakin menjadi hanya salah satu dari banyak elemen di intermodal rantai transportasi kargo secara keseluruhan.
-Titik fokus telah pindah dari mode transportasi ke barang itu sendiri.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar